4 Mar 2012

Rumah sakit tanpa asap rokok


Sudah suatu keharusan sebuah Rumah Sakit bersih tertib dan sehat. Karena lingkungan seperti itu sebagai faktor yang mendukung dalam proses kesembuhan pasien (selain di luar faktor teknis). Dari beberapa rumah sakit yang ada di Bandung yang pernah aku kunjungi, ada sebuah rumah sakit yang menurut aku perlu diacungi jempol dalam hal larangan merokok di lingkungan rumah sakit.
Ketika pertama kali aku masuk ke dalam rumah sakit,  dalam pikiranku "pasti tidak jauh beda dengan Rumah Sakit yang ada di Bandung..di tempat tertentu ada yg sdg merokok.."
Tapi, sebelum masuk ruangan, di samping kiri pintu utama terpasang pengumuman dengan ukuran besar tentang larangan merokok, dan pikiran negatip saya bicara.." Itu hanya formalitas belaka.." Realisasinya tdk akan sama, toh di RS lain juga begitu..

Ketika aku lihat di sekeliling, tidak aku temukan orang yang sedang merokok atau bekas orang-orang merokok.
Penasaran dengan kondisi ini, aku berkeliling seputar rumah sakit...memang benar, tidak aku temukan yang merokok, bahkan aku dengar yang merokok di luar pagar rumah sakit yg berjarak 2 meter dari pagar akan ditegur dan diusir oleh petugas.
Bahkan lingkungan dan lantai rumah sakit dalam keadaan bersih dan sampah tidak ditemukan berserakan di mana-mana. Luar biasa…sebuah contoh yang bagus dan baik.

Aku tidak bicara hal lain tentang rumah sakit ini, karena bukan itu concern saya.
Nama rumah sakitnya adalah RSAU Dr. M. Salamun yang beralamat di Jalan Ciumbuleuit No. 203 Bandung, Sebuah rumah sakit yang dalam tujuannya adalah : Menjadi rujukan rumah sakit TNI di Jawa Barat.
Rumah Sakit TNI AU "Dr.Salamun" disingkat Rumkitmun, berdiri sejak tgl.19 Agustus 1961, diresmikan oleh Panglima Angkatan Udara/Kepala Staf Marsekal Surya Dharma,bertugas melayani kesehatan TNI,PNS, keluarganya, serta masyarakat umum. Lokasi di Bandung Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar